Selasa, 25 Januari 2011

Cool Without Aircon

Cuaca yang panas dan ekstrim kerap membuat orang menjadi gerah dan merasa tidak nyaman, udara yang kian hari kian panas, semua orang rasanya mencari cara untuk menyejukkan tubuh. Menghidupkan AC pasti solusinya. Tapi sayang, tidak semua orang bisa melakukannya umumnya karena keterbatasan listrik dan juga biaya AC yang relatif mahal. nah bagi anda yang ingin mendinginkan ruangan tanpa AC maka simak Solusi Tips Mendinginkan ruangan tanpa AC berikut ini.

Pada beberapa kalangan masyarakat, pemakaian AC mulai dikurangi. Alasannya, ingin menurunkan tagihan listrik, menghemat energi, tidak punya AC, dan sebagainya. Kalau Anda adalah salah satunya, berikut lima cara cepat agar tubuh tetap sejuk di musim panas, seperti dikutip Modern Mom.

Tutup jendela

Membiarkan jendela terbuka di siang hari akan memanaskan udara dalam rumah. Karena itu, tutup jendela termasuk tirai sebelum matahari menembus jendela di pagi hari. Kemudian, buka jendela di malam hari jika udara di luar lebih dingin daripada di dalam rumah. Udara dingin malam hari akan bersirkulasi dengan udara panas dalam ruangan akibat panas matahari siang hari.

Konsumsi makanan dingin

Pada hari yang panas, mengonsumsi makanan dingin akan menurunkan suhu tubuh Anda, terutama makanan berbahan sayur-sayuran dan buah-buahan (misal salad dan es buah). dan tentunya juga es krim dan es buah,

Berenang atau mandi air dingin

Ingin solusi lebih cepat? Ambil es batu dan oleskan pada bagian dalam pergelangan tangan Anda. Pembuluh darah sangat dekat dengan kulit di daerah tersebut. Dengan es batu, tubuh Anda akan segera merasa lebih dingin.

Matikan lampu

Bola lampu pijar tidak hanya menghasilkan banyak cahaya, tetapi juga banyak panas. Sebaiknya, pertimbangkan solusi untuk mengganti bola lampu ruangan. Selain mendinginkan, mematikan lampu juga menghemat energi dan uang Anda.

Gunakan kipas angin

Jika Anda memiliki ceiling fan (kipas angin gantung), pastikan baling-baling kipas berada di arah yang benar. Ceiling fans dapat digunakan pada musim dingin untuk membelokkan arus dingin ke atas ruangan.

Jika Anda menggunakan standing fan, tempatkan di depan Anda sambil menyemprotkan air bening dari botol semprot (spritzer). Ketika air menguapkan udara panas dari kulit, tubuh Anda akan segera merasa lebih dingin. Sementara untuk bepergian, Anda bisa menggunakan kipas mini dengan spritzer. sebenarnya ada cara kreatif membuat AC sendiri dengan menggunakan kipas angin dengan prinsip kondensasi. silahkan anda cari tips dan trik membuat AC sederhana di google.

Solusi lebih permanen

Ada solusi lebih permanen untuk mengalahkan panas tanpa harus memakai AC. Salah satunya adalah menanam pohon di daerah strategis, seperti pekarangan rumah. Solusi lainnya adalah memasang penyekat loteng untuk menjaga udara dingin di rumah Anda “kabur” melalui langit-langit.

Jika Anda menggunakan pendingin udara sentral, pastikan untuk menutup saluran, terutama ventilasi di mana Anda dapat kehilangan hingga 20 persen udara dingin. Terakhir jika Anda menyukai penampilannya, siapkan tenda (awning) untuk mengurangi panas dari sinar matahari yang diserap rumah Anda.

Selamat Mencoba. semoga tips diatas bisa membantu anda mendinginkan ruangan tanpa AC dan menggunakan cara cara alami tanpa mengeluarkan biaya besar.

Source : okezone.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat komentarnya