Jumat, 01 April 2011

Pura Tanah Lot

Pura ini merupakan salah satu dari tujuh Pura terkenal di pesisir laut Bali. Disebutkan bahwa masing-masing Pura berada dalam penglihatan yang berikutnya dan dibuat untuk memberikan perlindungan terhadap Pulau Bali. Pada abad ke-16, Pura ini dibangun oleh Dang Hyang Nirartha (seorang Rsi dari Pulau Jawa) selama perjalanan melalui pantai barat daya Bali.
Beliau melihat sebuah pulau kecil di dekat tempat ketika menghabiskan malam. Keesokan harinya beliau meminta nelayan lokal untuk membangun Pura untuk menyembah Tuhan di atas batu karena merasakan suasana suci di pulau berbatu ini.

Pura ini dianggap sebagai salah satu tempat paling suci di Bali. Tempat ini tidak dapat diakses oleh pengunjung atau wisatawan, hanya khusus untuk umat yang akan melaksanakan persembahyangan. Namun, pemandangan yang luar biasa dari Pura yang didukung oleh pemandangan matahari terbenam yang luar biasa dapat dinikmati dari begitu dekatnya.

Ketika surut, para pengunjung biasanya berkumpul di pantai antara bebatuan tempat Pura dibangun dan tebing dari pulau bebatuan. Gua-gua yang merupakan bagian dari tebing juga menjadi daya tarik lain yang terkenal dari tempat ini. Dikatakan bahwa hidup ular raksasa di salah satu gua. Juga dipercaya bahwa pada bagian dasar pulau batu, terdapat ular laut beracun yang menjaga Pura dari roh jahat dan penyusup.
www.balitour-transport.com


Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat komentarnya