Minggu, 17 April 2011

Tari Baris

Tari baris berasal dari kata Babarisan yang dapat diartikan pasukan. Disamping merupuakan tari kepahlawanan tari baris juga merupakan tarian upacara yang ditarikan oleh sejumlah penari laki laki, antara 4 ( empat ) sampai 40 ( empat puluh ) penari bahkan lebih.
Beberapa jenis baris yang ada di Bali antara lain:

Baris Ketekok jago : Baris yang membawa senjata tombak poleng ( tombak yang tangkainya berwarna hitam dan putih ) biasa dipertunjukkan untuk upacara Manusa Yadnya ( Ngaben ) dan diiringi dengan gambelan gong. Baris ini banyak dijumpai di Daerah Badung dan Singaraja

Baris Tombak : Baris yang mempergunakan senjata tombak, ditarikan dalam upacara Dewa Yadnya dan diiringi dengan Gong. Baris ini banyak dijumpai di Daerah Badung, Bangli dan Gianyar.

Baris Poleng : Semacam Baris Ketekok jago. Baris Dadap Baris yang membawa senjata dadap ( semacam prisai ) yang biasa dipentaskan untuk upacara Dewa Yadnya. Di Tabanan ini berfungsi sebagai sarana upacara Pitra Yadnya. Baris Dadap banyak dijumpai didaerah Bangli, Singaraja Gianyar dan Tabanan.

Baris Presi : Baris yang senjatanya dinamakan Presi, berfungsi sebagai upacara Dewa Yadnya. Baris Pendet Baris yang merupakan sarana upacara tombak yang panjang, terdapat di daerah Bangli, Gianyar dan Nusa Penida ( Klungkung ).

Baris Gayung :
Baris yang didalamnya tariannya membawa gayung atau cantil ( alat untuk membawa Air Suci ).

Baris Demang :
Baris yang perannya mendapat pengaruh gambuh, mempergunakan senjata pedang dan lain-lainya. Baris ini terdapat di daerah Singaraja.

Baris Cerekuak :
menggambarkan gerak gerik burung Cerekuak dengan busana yang sangat sederhana ( Babuletan ), hiasan kepalanya dibuat dari daun-daunan seperti tarian Dayak di Kalimantan.
disebut Baris Badung.
Book now If you're interested to watch this dances show

Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat komentarnya